Ki Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Salah satu info yang harus Bapak dan Ibu Guru ketahui dalam melakukan aktivitas pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu memahami Kompetensi Inti. Membahas mengenai file tersebut tentunya Anda sebagai Guru sudah memahaminya secara baik terutama dalam aktivitas pembelajaran. Kompetensi Inti atau KI adalah dalam pembelajaran K13 dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan :
Kompetensi inti 1 Sikap keagamaan
Kompetensi Inti 2 Sikap sosial
Kompetensi inti 3 Pengetahuan, dan
kompetensi Inti 4 Penerapan pengetahuan
Keempat kelompok itu menjadi pola dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap insiden pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak pribadi (indirect teaching) yaitu pada waktu penerima didik mencar ilmu ihwal pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Membantu Bapak dan Ibu Guru Kelas 1 / I pada jenjang SD dan MI, maka pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan file Kompenti Inti sesuai dengan perubahan Kurikulum 2013 atau Revisi K13 pada tahun 2017 dan 2018 sesuai dengan Buku Guru dan Siswa dari Kemendikbud.
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, citra mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
KI yang Admin bagikan mencakup tema dan subtema Kelas 1 sesuai dengan materi dari Buku Guru dan Siswa dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan :
TEMA 1. DIRIKU
Subtema 1 (Aku dan Teman Baru)
Subtema 2 (Tubuhku)
Subtema 3 (Aku Merawat Tubuhku)
Subtema 4 (Aku Istimewa)
TEMA 2. KEGEMARANKU
Subtema 1 (Gemar Berolahraga)
Subtema 2 (Gemar Menyanyi dan Menari)
Subtema 3 (Gemar Menggambar)
Subtema 4 (Gemar Membaca)
TEMA 3. KEGIATANKU
Subtema 1 (Kegiatan Pagi hari)
Subtema 2 (Kegiatan Siang hari)
Subtema 3 (Kegiatan Sore hari)
Subtema 4 (Kegiatan Malam hari)
TEMA 4. KELUARGAKU
Subtema 1 (Anggota Keluargaku)
Subtema 2 (Kegiatan Keluargaku)
Subtema 3 (Keluarga Besarku)
Subtema 4 (Kebersamaan Dalam Keluarga)
TEMA 5. PENGALAMANKU
Subtema 1 (Pengalaman Masa Kecil)
Subtema 2 (Pengalaman Bersama Teman)
Subtema 3 (Pengalaman Di Sekolah)
Subtema 4 (Pengalaman Yang Berkesan)
TEMA 6. LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI
Subtema 1 (Lingkingan Rumahku)
Subtema 2 (Lingkingan Sekitar Rumahku)
Subtema 3 (Lingkingan Sekolahku)
Subtema 4 (Berkerjasama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan)
TEMA 7. BENDA,HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Subtema 1 (Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di Sekitarku)
Subtema 2 (Hewan Di SEkitarku)
Subtema 3 (Tanaman Di Sekitarku)
Subtema 4 (Bentuk,Warna,Ukuran Dan Permukaan Benda)
TEMA 8. PERISTIWA ALAM
Subtema 1 (Cuaca)
Subtema 2 (Musim Kemarau)
Subtema 3 (Musim Penghujan)
Subtema 4 (Bencana Alam)
Kompetensi inti 1 Sikap keagamaan
Kompetensi Inti 2 Sikap sosial
kompetensi Inti 4 Penerapan pengetahuan
Baca Juga
Keempat kelompok itu menjadi pola dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap insiden pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak pribadi (indirect teaching) yaitu pada waktu penerima didik mencar ilmu ihwal pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Membantu Bapak dan Ibu Guru Kelas 1 / I pada jenjang SD dan MI, maka pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan file Kompenti Inti sesuai dengan perubahan Kurikulum 2013 atau Revisi K13 pada tahun 2017 dan 2018 sesuai dengan Buku Guru dan Siswa dari Kemendikbud.
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, citra mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
TEMA 1. DIRIKU
Subtema 1 (Aku dan Teman Baru)
Subtema 2 (Tubuhku)
Subtema 3 (Aku Merawat Tubuhku)
Subtema 4 (Aku Istimewa)
TEMA 2. KEGEMARANKU
Subtema 1 (Gemar Berolahraga)
Subtema 2 (Gemar Menyanyi dan Menari)
Subtema 3 (Gemar Menggambar)
Subtema 4 (Gemar Membaca)
TEMA 3. KEGIATANKU
Subtema 1 (Kegiatan Pagi hari)
Subtema 2 (Kegiatan Siang hari)
Subtema 3 (Kegiatan Sore hari)
Subtema 4 (Kegiatan Malam hari)
TEMA 4. KELUARGAKU
Subtema 1 (Anggota Keluargaku)
Subtema 2 (Kegiatan Keluargaku)
Subtema 3 (Keluarga Besarku)
Subtema 4 (Kebersamaan Dalam Keluarga)
TEMA 5. PENGALAMANKU
Subtema 1 (Pengalaman Masa Kecil)
Subtema 2 (Pengalaman Bersama Teman)
Subtema 3 (Pengalaman Di Sekolah)
Subtema 4 (Pengalaman Yang Berkesan)
TEMA 6. LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI
Subtema 1 (Lingkingan Rumahku)
Subtema 2 (Lingkingan Sekitar Rumahku)
Subtema 3 (Lingkingan Sekolahku)
Subtema 4 (Berkerjasama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan)
TEMA 7. BENDA,HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Subtema 1 (Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di Sekitarku)
Subtema 2 (Hewan Di SEkitarku)
Subtema 3 (Tanaman Di Sekitarku)
Subtema 4 (Bentuk,Warna,Ukuran Dan Permukaan Benda)
TEMA 8. PERISTIWA ALAM
Subtema 1 (Cuaca)
Subtema 2 (Musim Kemarau)
Subtema 3 (Musim Penghujan)
Subtema 4 (Bencana Alam)
KI Kelas 1 SD MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut kompetensi inti untuk aktivitas pembelajaran di Kelas I pada jenjang Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah :
- Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
- Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
Demikian yang sanggup Admin sampaikan, agar info mengenai Kompetensi Inti ini menunjukkan manfaat dalam aktivitas mencar ilmu mengajar yang Bapak dan Ibu laksanakan.